Dalam kunjungan ke Gerakan Hatinya (Halaman Asri, Teratur, Indah, dan Nyaman) PKK Kelurahan Srimenanti, Sungailiat, Jumat (28/02/2020), Ketua Umum TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian mengaku terkesan terhadap program kerja ‘Eco Village’ yang telah dicanangkan oleh TP PKK Srimenanti.

Ketua TP PKK Kelurahan Srimenanti, Wiwid, menyampaikan beberapa program yang telah mereka kerjakan. Berbagai macam inovasi dibuat untuk mempercepat dan memaksimalkan terwujudnya visi dan misi TP PKK yang telah ditetapkan. Seperti inovasi dalam mendapatkan indikator data yang memudahkan kerja Hatinya PKK Srimenanti yang diberi nama Tabel BAIK (Berinovasi, Akurat, Efisien, dan Komitmen) yang telah digunakan seluruh kelurahan dan desa di Kecamatan Sungailiat.

Selain itu, TP PKK Kelurahan Srimenanti juga menggalakkan pemanfaatan sumber daya sekitar untuk menjaga lingkungan, seperti pemanfaatan dan pengurangan penggunaan sampah plastik, bank sampah yang telah menjadi Bank Sampah Induk Kabupaten Bangka berdasarkan Keputusan Bupati Bangka Tahun 2017. 

Mereka juga menggalakkan program tukar sampah untuk mendapatkan sembako dan membayar pajak PBB, mendirikan Pondok Akupresur di bawah bimbingan dinas kesehatan dan Puskesmas Sungailiat yang bersertifikat. Dalam pondok ini memanfaatkan sumber daya sekitar untuk mengatasi gejala penyakit awal seperti penggunaan buah-buahan dan pengobatan alternatif.

Pelatihan keselamatan dasar juga menjadi program yang dicanangkan TP PKK Srimenanti kepada masyarakat, pelatihan ini memanfaatkan teknologi untuk membuat masyarakat dapat memberikan pengobatan dasar dan darurat. Tidak hanya keselamatan dasar, tapi juga dalam pengentasan stunting, TP PKK Srimenanti juga menggalakkan Kader Toga yang membantu dasa wisma di setiap Lingkungan Kelurahan Srimenanti untuk mengentaskan stunting.

UMKM juga menjadi fokus TP PKK Srimenanti, seperti menenun dan memasarkan cual sendiri, memanfaatkan hasil kebun untuk membuat panganan ringan seperti kudapan. Hal ini juga didukung dengan pemberian bantuan wifi gratis untuk membantu memasarkan produk UMKM yang telah masyarakat buat ke luar daerah Babel. Intinya adalah masyarakat di Srimenanti menjadi mandiri dalam bidang apapun.

"Setiap ada kegiatan di sini, kami selalu mengusahakan yang terlibat adalah masyarakat kita. Biar mereka lebih semangat dalam membangun Kelurahan Srimenanti," ungkap Wiwid.

Mendengar hal ini, Ketum TP PKK Tri  Tito Karnavian sangat mengapresiasi kerja TP PKK Kel. Srimenanti. 

"Saya melihatnya ini bukan lagi level kelurahan. Ini sudah masuk level tingkat nasional. Karena, saya lihat programnya adalah program modern, yang harusnya diterapkan di tingkat kepengurusan PKK. Inilah salah satu yang menjadi tujuan TP PKK pusat yang memberdayakan semua aspek dari sumber daya yang ada. Bahkan sudah ada misi untuk menjadikan Eco Village," ungkapnya.

Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian juga berterima kasih terhadap kerja keras TP PKK Srimenanti. Menurutnya, hal ini tidak dapat terwujud hanya dengan semangat dan motivasi, tapi butuh contoh aksi yang nyata. “Inilah salah satu yang terbaik yang pernah saya lihat," ungkat Ketua TP PKK Tito Karnavian.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020