Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sampai dengan saat ini memiliki sebanyak 35 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pariwisata, untuk menjaga keamanan wilayah wisata di daerah itu.

"35 personel Satpol PP pariwisata tersebut ditempatkan di sejumlah tempat objek wisata termasuk membantu pengamanan jika ada kegiatan pariwisata daerah," Kasi Operasional dan Pengendalian (Opsdal) Satpol PP Kabupaten Bangka, Farid Alkindi di Sungailiat, Minggu.

Dia mengatakan, peran Satpol PP pariwisata untuk memberikan rasa aman, nyaman, tertib dan kondusif, sehingga wisatawan merasa betah berkunjung.

"Sebagai daerah yang ditetapkan sebagai destinasi wisata, perlindungan dan pelayanan kenyamanan wisatawan menjadi tujuan utama sehingga wisatawan dapat kembali lagi," katanya.

Semua personel Satpol PP, memakai pakai seragam khusus yang sudah diatur dalam peraturan pemerintah dengan tujuan memberikan ciri khusus yang indah.

"Pakaian seragam juga disesuaikan dengan kearifan lokal seperti ada motif Cual Bangka di bagian bajunya, untuk menghilangkan kesan seram saat di lapangan," jelasnya.

Dia mengatakan, personel Satpol PP pariwisata juga dibekali dengan keterampilan seni bela diri termasuk pembekalan kegiatan kerohanian supaya ada keseimbangan antara fisik dan mental.

Menurutnya, personel Satpol PP pariwisata sudah sering tampil mengisi berbagai acara pariwisata di Kabupaten Bangka, seperti trail Run Sungailiat Triatlon, dan juga lomba senam bedincak dan lainnya.

"Diperlukan keseimbangan antara fisik dan mental oleh semua personel sehingga dalam menjalankan tugasnya dapat berjalan baik," jelasnya.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020