Pihak Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan menginstruksikan nelayan di daerahnya untuk membantu mencari tiga orang yang diduga hilang saat melaut.

"Kami sudah menginstruksikan bagi nelayan Sungailiat untuk membantu mencari tiga orang nelayan yang sudah 13 hari melaut belum pulang," katanya di Sungailiat, Rabu.

Ia mengatakan, tiga orang yang diduga hilang karena sejak berangkat melaut tanggal 20 Feberuari 2020 sampai dengan saat ini belum pulang, padahal biasanya hanya empat hari di laut.

"Nelayan selain melakukan kegiatan penangkapan sekaligus membantu nelayan yang diduga hilang," katanya.

Tiga orang nelayan yang diduga hilang tersebut kata Ridwan, setelah mendapat laporan dari salah satu keluarga korban dimana ketiga memakai kapal penangkapan KM. Jihan Sakira, kapasitas empat gros tone dengan alat tangkap pancing.

"Laporan dari tersebut sudah saya sampaikan kepihak BPBD, Basarnas termasuk Polair setempat untuk segera membantu melakukan pencarian," katanya.

Dia mengatakan, pihaknya sudah ke rumah salah satu korban bersama tim BPBD Kabupaten Bangka, untuk memastikan data korban dan keterangan lainnya.

"Saya berharap, ketiganya segera ditemukan atau segera pulang kalau dalam kondisi selamat," kata Ridwan.

Ridwan mengimbau seluruh nelayan di daerahnya yang melakukan aktivitas di penangkapan ikan agar mewaspadai kondisi cuaca yang ekstrim di laut.

"Kondisi gelombang di luat tidak menentu, dapat berubah-rubah tanpa diprediksi sebelumnya yang biasanya disertai angin kencang," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020