Usai melaksanakan Ibadah Umrah di Tanah Suci pada pekan lalu, satu Orang warga Jadi Orang Dalam Pengawasan (ODP)  Dinas Kesehatan Bangka Selatan, karena diduga suspect Virus Covid 19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Selatan, Supriyadi di Toboali, Senin mengatakan pihaknya mencurigai satu orang warga Basel yang diduga suspect virus covid 19 usai umrah pekan lalu.

"Ada satu orang dalam pantauan atau ODP yang merupakan warga Basel sepulangnya dari Umroh pada satu minggu yang lalu" kata dia.

Ia mengatakan kasus ini terungkap saat ODP tersebut berobat di salah satu Puskesmas yang ada di Bangka Selatan.

"Dikhawatirkan suspect corona, kita langsung merujuk pasien tersebut ke RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang untuk dilakukan tes darah, karena RSUD Depati Hamzah satu dari dua rumah sakit pemerintah yang melakukan penanganan pasien suspect corona" kata dia.

Ia menjelaskan dari hasil pemeriksaan terhadap ODP tersebut usai dirujuk ke RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang, yang bersangkutan dinyatakan negatif Covid 19.

"Hasil tes pasien tersebut di diagnosa sakit asma bronchia. Walaupun Negatif dari virus corona, kita tetap melakukan pemantauan pasien tersebut" kata dia.

Untuk menekan masuknya Covid 19 di Bangka Selatan, Pihaknya berkoordinasi dengan Puskesmas maupun Rumah Sakit di Basel guna melakukan pemantauan terhadap masyarakat lainnya.

"Kita selalu pantau masyarakat lainnya, terlebih masyarakat Basel yang pulang pergi ke luar daerah" kata dia.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020