Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sedang melirik potensi wisata cruise melalui pembenahan infrastruktur tranportasi laut. Rencana perluasan dan pelebaran alur pelayaran di Pelabuhan Belinyu, dengan harapan Bangka akan menjadi tempat berlabuhnya kapal-kapal pesiar mewah di perairan Babel.

"Dalam waktu dekat Pak Gubernur akan menemui Dirut PT Pelindo II di Jakarta untuk membicarakan rencana perluasan atau pelebaran alur pelayaran dan perpanjangan dermaga ini," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Babel, KA Tajuddin, saat mendampingi Gubernur Erzaldi meninjau  alur pelayaran Pulau Lampu di Belinyu, Kamis.

Ia mengatakan, peninjauan dilakukan menyusul rencana pelebaran alur pelayaran dan perpanjangan dermaga di Pelabuhan Belinyu. Pelebaran perlu dilakukan karena terjadinya penyempitan alur muara di sekitar perairan Pulau Lampu. Sedangkan perpanjangan dermaga dibutuhkan agar kapal-kapal berukuran besar dapat bersandar.

Gubernur meminta Pelindo untuk dapat mengakomodir rencana perluasan dan perpanjangan tersebut. Dengan terbukanya alur maka  arus kunjungan ke Babel melalui Pelabuhan Belinyu akan meningkat.

"Pak gubernur melihat besarnya potensi pasar wisatawan mancanegara dari kapal pesiar cruise ini. Nanti mereka kita arahkan untuk berkunjung ke destinasi-destinasi wisata di sini," ujarnya.

Dinas perhubungan Babel merespon positif dan akan membahas hal tersebut dalam pertemuan bersama KSOP dan Pelindo II, karena  ketersediaan alur dan dermaga yang memadai akan membuka peluang  banyaknya kunjungan kapal wisata cruise. 

Satu unit kapal saja menampung sekitar 3 ribu wisatawan. Sehingga dampaknya akan memacu pertumbuhan ekonomi lokal melalui berbagai transaksi, seperti penjualan produk UMKM, kuliner, cinderamata serta kunjungan kr obyek-obyek wisata.

"Nanti kapal-kapal cruise dari Singapura, Australia dan negara lainnya bisa mengarahkan rute wisatanya ke sini," Maka gubernur mendorong PT Pelindo untuk mengkaji hal tersebut, karena ini akan membuka akses dari luar negeri melalui jalur laut," ujarnya.

Dalam peninjauan tersebut turut hadir Kapolda Babel Brigjen Anang Syarif Hidayat, Bupati Bangka Mulkan, GM PT Pelindo Pangkalbalam Cucu Kuswoyo Kepala KSOP Pangkalbalam Izuar, Danlanal Babel Dudik Kuswoyo, dan Kapolres Bangka Aris Sulistyono. 

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020