Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memanfaatkan mobil pengendali massa untuk menyemprotkan cairan disinfektan di sejumlah lokasi fasilitas umum di Kecamatan Mentok.

"Kegiatan ini sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona, kami berharap bisa membantu dan memberi rasa aman dan nyaman warga di daerah ini," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan di Mentok, Selasa.

Menurut dia, penyemprotan disinfektan menggunakan armada "water cannon" tersebut dilakukan pada malam hari di sekitar Pasar Mentok dan sejumlah jalan di pusat kota, pada Senin (23/3) malam.

Aksi tersebut sebagai bentuk kepedulian Polri dalam berperan serta melakukan antisipasi dan memutus mata rantai persebaran COVID-19.

Sebelum penyemprotan, pihaknya bersama tim gabungan TNI, Satpol PP, BPBD, Tagana dan Pemkab setempat juga telah melaksanakan aksi bersih lingkungan dan tempat ibadah.

"Kami juga secara rutin memberikan imbauan agar masyarakat semakin sadar dan paham bahaya penyebaran virus tersebut, baik melalui media sosialisasi maupun secara dialogis," katanya.

Kapolres mengatakan aksi itu merupakan tindak lanjut perintah dan maklumat Kapolri untuk menjaga keamanan serta memutus penyebaran COVID-19 di daerah kerja masing-masing.

Kapolres berjanji akan melakukan pemantauan dan penyemprotan disinfektan secara berkala di sejumlah fasilitas umum.

"Kami juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus berbahaya ini dengan cara mematuhi imbauan yang sudah disampaikan pemerintah dan tetap tinggal di dalam rumah," katanya.

Sesuai maklumat Kapolri pihaknya juga akan membubarkan berbagai kegiatan berkerumun dan tidak akan mengeluarkan izin kegiatan yang mengundang massa hingga batas waktu yang akan ditetapkan selanjutnya.

"Jika tidak ada hal yang sangat penting tetap tinggal di rumah, jaga kebersihan, kesehatan dan jangan pergi ke luar daerah untuk sementara waktu," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020