Sungailiat (Antara Babel) - Ketua DPRD Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Parulian Napitupulu mengingatkan seluruh anggota legislatif di daerah itu untuk meningkatkan kinerja.

"Kita sebagai wakil rakyat tentunya mempunyai tanggung jawab besar dalam membantu masyarakat melalui tugas pokok dan fungsi legislatif," katanya di Sungailiat, Sabtu.

Profesionalisme dan proposional, kata dia, harus tetap dikedepankan dalam menjalankan tugas membangun daerah dan menyejahterakan masyarakat.

Dia menilai kinerja seluruh anggota Dewan yang belum lama ini dilantik sudah cukup baik dan bila perlu lebih ditingkatkannya lagi.

"Di era otonomi daerah sekarang DPRD dapat berperan besar dalam pembuatan kebijakan-kebijakan publik di daerah, karena sesuai tugas dan fungsinya memiliki kewenangan nyata dalam proses legislasi, penganggaran serta pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah," katanya.

Menurut dia, anggota Dewan harus mampu menjawab tantangan yang dihadapi.

"Saya yakin 35 anggota Dewan dari partai politik yang berbeda-beda ini dapat menjalankan tugas selama lima tahun ke depan dengan baik," katanya.

Dia mengingatkan agar anggota DRPD menghindari egoisme karena tugas yang dijalankan bukan untuk golongan atau partai namun untuk kepentingan masyarakat banyak.

"Prinsip kebersamaan antaranggota harus tetap dijaga, perbedaan pandangan suatu hal yang wajar di era demokratisasi seperti sekarang, namun perbedaan itu jangan membuat perpecahan," kata Parulian Napitupulu.

Pewarta: Oleh: Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014