Tim penanggulangan virus COVID-19 Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan patroli rutin di seluruh warung kopi untuk memastikan warga lebih taat menjaga jarak dan tetap berada di rumah dalam upaya menekan penyebaran virus corona baru (COVID-19).

"Ini kami lakukan untuk mempertegas imbauan warga untuk tetap di rumah saja dan jaga jarak untuk menekan penyebaran virus COVID-19," kata Wakil Bupati Belitung Timur Burhanuddin di Manggar, Senin

Burhanuddin mengakui masih banyak warga yang tidak mentaati aturan, masih ditemukan warga berkumpul di warung kopi di Kota Manggar.

"Bagi masyarakat yang membeli makanan dan minuman diimbau untuk tidak makan di tempat atau bahkan dibungkus untuk dibawa pulang guna menghindari adanya kerumunan," ujarnya.

Ia menjelaskan patroli dan membubarkan warga yang masih nongkrong di warung kopi sesuai dengan Surat Edaran Bupati Belitung Timur Nomor 443/02/II/2020 tentang Batas Waktu Pelaku Usaha.

"Masyarakat terutama yang mempunyai usaha, baik itu warung kopi, café, restoran dan rumah makan bahkan pedagang kaki lima untuk membatasi waktu usahanya sampai dengan pukul 20.00 WIB dan pembeli tidak boleh nongkrong, tetapi cukup dibungkus saja," ujarnya.

Ia mengatakan, imbauan #dirumahsaja# sudah seharusnya ditaati agar virus corona tidak sempat menjangkiti semua orang.

"Hal ini mengingat masih terlihat kerumunan anak muda yang menganggap COVID-19 ini masalah sepele dan belum mengkhawatirkan karena belum ada suspect," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020