Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat hingga kini terkonfirmasi 61 warga yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP).

"Kami mencatat sebanyak 61 warga berstatus ODP yang tersebar pada beberapa titik di enam kecamatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, dr Bahrun R Siregar di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, sebanyak 61 warga berstatus ODP tersebut dinyatakan memiliki riwayat perjalanan dari daerah terpapar virus COVID-19 dan sebagian ada juga para mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah.

"Mereka tetap dalam pengawasan dan pemantauan tim medis, diwajibkan mengisolasi diri di rumah selama 14 hari serta menjaga jarak dan mengurangi interaksi sosial," ujarnya.

Ia menyatakan, hingga saat ini di Kabupaten Bangka Tengah belum ditemukan warga yang masuk dalam Pasien Dalam Pemantauan (PDP).

"Bangka Tengah sampai sekarang masih dalam zona hijau dari virus COVID-19, tentu kami terus berupaya memproteksi virus tersebut masuk menyerang warga daerah ini," ujarnya.

Pihaknya meminta warga lebih proaktif dalam menyikapi gejala virus COVID-19 dengan mendatangi pusat kesehatan terdekat apabila dirasakan kondisi tubuh melemah.

"Kami juga melalui tim medis di gugus depan terus menyosialisasikan virus COVID-19 kepada masyarakat, sebagai langkah antisipasi," katanya.
 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020