Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengoptimalisasi fungsi posko kesehatan yang didirikan pada beberapa titik, untuk mencegah penyebaran virus corona baru penyebab COVID-19.

"Kami sudah melakukan pengecekan sejumlah posko kesehatan untuk memastikan semua fasilitas tersedia dan tentu pemerintah mengoptimalkan fungsi posko ini untuk melakukan pertolongan pertama bagi warga yang terjangkiti virus corona," kata Wakil Bupati Bangka Tengah, Yuliyanto di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, posko kesehatan dan tim medis yang ditugaskan merupakan garda terdepan dalam memangkas mata rantai penyebaran COVID-19.

"Setiap langkah-langkah pencegahan yang kami terapkan saat ini sesuai dengan SOP di antaranya menyiapkan APD sanitizer dan masker," ujarnya.

Sementara upaya sosialisasi terus digencarkan, untuk memastikan warga patuh dan taat tetap berada di rumah dan selalu menjaga jarak dengan teman, kerabat atau manusia lainnya.

"Dalam mendukung kegiatan pencegahan ini, kami sangat mengharapkan peran serta masyarakat untuk bersama-sama menghambat penyebaran  COVID-19 dengan tetap menjaga kesehatan, menjalankan pola hidup bersih serta tetap di rumah dengan orang-orang yang kita cintai," ujarnya.

Ia mengimbau, jika ada keluarga atau tetangga terinfeksi virus untuk segera melapor ke posko-posko kesehatan terdekat agar mendapat pelayanan medis sesuai dengan standar dan SOP.

"Kesadaran masyarakat sangat menentukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut, maka selalu diimbau isolasi mandiri di rumah dan selalu jaga jarak jika memang terpaksa ke luar rumah," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020