Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyerahkan bantuan berupa alat pelindung diri (APD) kepada manajemen RSUD Sejiran Setason.

"Bantuan ini kami harapkan bermanfaat dan bisa digunakan para tenaga kesehatan, khususnya dalam melayani warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan karena virus COVID-19," kata Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat, Pandi Mentok, Jumat.

Ia menjelaskan, bantuan APD yang diberikan kepada RSUD Sejiaran Setason Kabupaten Bangka Barat sebanyak 50 set, berupa baju pelindung dan kacamata pelindung.

Bantuan APD diserahkan langsung oleh Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat Pandi kepada pihak RSUD Sejiran Setason yang dalam hal ini diwakili Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Medis, Zalika.

"Kami berharap bantuan bermanfaat dan bisa digunakan untuk memberikan pelayanan kepada pasien, baik dengan status Orang Dalam Pengawasan (ODP) maupun Pasien Dalam Pemantauan (PDP)," katanya.

Berbagai persiapan terus dilakukan Pemkab Bangka Barat untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang tidak diharapkan dalam menghadapi wabah COVID-19 saat ini.

Juru bicara Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat dr. Hendra mengatakan saat ini Dinas Kesehatan telah memesan sebanyak 1.000 unit APD yang nantinya akan disalurkan ke unit pelayanan kesehatan di daerah itu.

"Melalui Dinkes Kabupaten Bangka Barat telah dipesan sebanyak 1.000 unit sedangkan RSUD Sejiran Setason telah memesan sebanyak 300 unit yang nantinya akan digunakan para tenaga medis di tempat itu," katanya.

Hendra menambahkan, untuk peralatan dan kelengkapan lain, seperti masker bedah, masker N95, dan "handscoen" masih mencukupi.

Selain itu, saat ini Pemkab Bangka Barat telah mendapatkan bantuan sebanyak 85 unit APD.

"Kami berharap warga tetap disiplin menjalankan pola hidup bersih dan sehat, tetap bekerja di rumah dan seandainya terpaksa keluar rumah tetap menjalankan pola jaga jarak aman agar tidak tertular virus tersebut dan keadaan semakin membaik," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020