Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menyiapkan sebanyak 17.500 paket sembako untuk masyarakat kurang mampu yang terdampak COVID-19.

"Untuk penyediaan 17.500 paket sembako ini, kami akan menggandeng tujuh retail besar yang ada di Pangkalpinang. Jadi semuanya ikut terbantukan," kata Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen), Rabu.

Ia mengatakan, tujuh retail yang digandeng untuk penyaluran sembako tersebut di antaranya, Transmart, Acing Mart, Seperadi Mart, Alfa Mart dan Indomaret.

"Jadi untuk pengadaannya, kami meminta retail tersebut untuk menyiapkan bahan pokok yang kita perlukan yang kemudian akan kita bagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Paket sembako ini untuk membantu masyarakat dalam menghadapi bulan puasa yang tidak sudah tidak lama lagi," katanya.

Molen mengatakan, setiap retail akan disiapkan dana sebesar Rp500 juta yang dibuat dalam 2.500 paket, di mana masing-masing paket berisi sembako senilai Rp200 ribu.

"Dalam pelaksanaannya pemkot akan menyiapkan uang muka sebesar Rp140 juta sampai Rp150 juta tiap retailnya dan sisanya akan dibayar pada bulan Juni mendatang," katanya.

Dikatakannya, setiap retail nantinya akan mendistribusikan ke satu kecamatan dan berkoordinasi dengan masing-masing kelurahan di kecamatan tersebut.

"Misalnya untuk Transmart akan mendistribusikan ke Kecamatan Gabek sesuai dengan wilayah retail itu berada. Kami harap bantuan paket sembako ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak COVID-19," katanya.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020