Dirketur RSUD Marsidi Judono Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dr. Hendra, Sp. An mengatakan para tenaga medis di Rumah Sakit itu selalu memberikan dukungan dan motivasi untuk kesembuhan pasien positif COVID-19.

"Kuncinya adalah dukungan baik dari keluarga dan tenaga medis yang mendukung pasien tersebut akan sembuh dari COVID-19," katanya di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, pasien yang dinyatakan sembuh tersebut sebelumnya mendapatkan perawatan selama sembilan hari di ruang isolasi RSUD setempat

Setelah hasil pemeriksaan swabnya dinyatakan negatif COVID-19 pasien diminta untuk menjalankan karantina terpusat sebelum dipulangkan ke rumah.

Selama perawatan, kata dia, pasien mendapatkan terapi sesuai standar seperti vitamin C dosis tinggi, vitamin E dan diberikan pengobatan anti virus dan antibiotik.

Sedangkan dari sisi psikologi pasien yang sembuh dari virus COVID-19 tersebut diberlakukan dengan senyaman mungkin seperti teman sendiri ketika berada di ruang isolasi.

"Makannya diantarkan pakaian dicucikan misalnya dia (pasien) mau makan diluar makan yang disediakan di Rumah Sakit maka teman-temannya belikan jadi memang diperlakukan dengan baik," ujarnya.

Hendra menambahkan, sedangkan untuk kondisi tiga pasien positif COVID-19 lainnya dan sedang mendapatkan perawatan di Rumah Sakit setempat kondisinya stabil.

"Tidak ada menggunakan bantuan dan ketiganya mereka tidak diinfus kondisi mereka normal," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020