Kepolisian resor Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membentuk tiga titik pos operasi ketupat Menumbing 2020 selama 37 hari sejak Minggu (26/4) akhir Mei 2020.

Kapolres Bangka, AKBP Aris Sulistyono di Sungailiat, Selasa mengatakan, ketiga titik pos operasi ketupat Menumbing 2020 masing-masing di Pagarawan, BKPM Sungailiat dan di simpang Kecamatan Belinyu.

"Operasi ketupat Menumbing 2020 ditengah pademik COVID-19 dijadwalkan waktunya lebih lama yakni 37 hari dibandingkan tahun sebelumnya hanya 14 hari," tuturnya.

Dikatakan, operasi ketupat Menumbing 2020 selain difokuskan pada pengamanan Hari Raya Idul Fitri dengan mengedepankan upaya preventif dan juga penegakan hukum selama masa operasi berjalan, juga memprioritaskan pada pencegahan penyebaran COVID-19.

"Kondisi kamtibmas tetap terjaga kondusif dalam mencegah penyebaran COVID-19, sehingga masyarakat dapat melaksanakan Idul fitri dengan rasa aman dan nyaman," ujar kapolres.

Operasi ketupat Menumbing 2020 kata kapolres sedikit berbeda, dimana dalam pelaksanaan di lapangan mengedepankan upaya pencegahan penularan COVID-19 seperti minta seluruh pengguna kendaraan memakai masker selain wajib memakai helm dan dokumen kendaraan lainnya.

"Disetiap pos akan ditempati sejumlah personel polisi untuk mengatur arus kendaraan dan diimbau seluruh masyarakat terutama warga pendatang agar tidak melakukan aksi mudik serta mematuhi aturan pemerintah lainnya," kata kapolres.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020