Muntok (Antara Babel) - Sebanyak 120 orang jemaah haji asal Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung tiba di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, pada Selasa siang, setelah selesai menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

"Seluruh rombongan jemaah haji dari Kabupaten Bangka Barat sudah tiba di Muntok, namun ada dua orang jemaah dalam kondisi sakit," ujar Kasubag Agama Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Bangka Barat Agus Sunawan di Muntok, Selasa.

Ia menjelaskan, dua orang jemaah yang sakit tersebut masing-masing atas nama Goni dari Kecamatan Tempilang yang menderita asma dan Yunus dari Kecamatan Muntok sakit jantung.

"Sebenarnya kondisi tidak memungkinkan dan dianjurkan untuk menjalani perawatan lebih intensif terlebih dahulu, namun atas permintaan yang bersangkutan dan keluarga, dua orang tersebut langsung pulang ke rumah masing-masing," kata dia.

Untuk jemaah lainnya, kata dia, setelah menjalani pemeriksaan medis dinyatakan dalam kondisi sehat atau tidak mengalami gangguan berarti.

Ia mengatakan, para jemaah haji tersebut tiba di Embarkasi Palembang pada Senin dan langsung dijemput tim dari Pemkab Bangka Barat untuk perjalanan pulang ke daerah.

"Selasa pagi kami fasilitasi seluruh anggota rombongan dengan menggunakan kapal cepat menuju Muntok, sesampainya di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, jemaah langsung dijemput keluarga masing-masing," kata dia.

Ia menambahkan, tim penjemput dari pemkab berjumlah 11 orang, masing-masing berasal dari Dinas Kesehatan tiga orang, Bagian Kesar tiga orang dan lima orang dari Kanwil Kemenag Kabupaten Bangka Barat.

Selain memfasilitasi penjemputan, kata dia, pemkab setempat rencananya akan mengadakan kegiatan penyambutan jamaah haji yang digabungkan dengan kegiatan menyambut Tahun Baru Hijriyah 1436 di rumah dinas bupati.

"Rencana kegiatan tersebut akan kami gelar pada Selasa (28/10) dengan mengumpulkan seluruh jemaah haji yang baru tiba dari Tanah Suci, untuk bersilaturahim dan ramah tamah dengan para pejabat pemkab setempat," kata dia.

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014