Sungailiat (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mulai 30 Oktober sampai 6 November 2014, menerima penerimaan tenaga Sarjana Membangun Desa (SMD) sebanyak lebih dari 50 orang sarjana semua jurusan.    
    
"Masyarakat yang memenuhi syarat kami persilahkan mendaftar untuk menjadi tenaga SMD yang nantinya ditugaskan membantu pemerintahan desa," kata Bupati Bangka, Tarmizi Saat di Sungailiat, Rabu.

Ia mengatakan, tenaga SMD merupakan program lanjutan dari pemerintahan sebelumnya, hanya saja kalau kegiatan itu sekarang dibawah pembinaan kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa  (BPMPDes) Kabupaten Bangka, sedangkan sebelumnya di bawah pembinaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

"Program ini kami lanjutkan dari program pemerintah sebelumnya mengingat kebutuhan tenaga bantu di pemerintahan desa masih diperlukan," katanya.

Dia mengatakan, SMD yang diterima dari hasil tes seleksi oleh dinas terkait akan ditempatkan di seluruh desa di Kabupaten Bangka dengan masa kontrak selama satu tahun dengan besaran honor yang diterimanya sebanyak Rp1.7 juta per bulan.    
     
"Saya minta  tim seleksi penerimaan SMD ini harus bekerja secara maksimal dan transparan sehingga benar-benar mendapatkan sarjana yang mampu membantu kita," katanya.

Sementara Kepala BPMPDes, Dalyan Amrie mengatakan,  materi tes untuk calon SMD meliputi,  tes tertulis berupa pengetahuan umum, pengetahuan keuangan dan ekonomi, pengetahuan pembangunan desa, serta pengetahuan pemerintahan.

"Tes wawancara juga akan dilakukan dengan materi pemahaman terhadap program pembangunan di Kabupaten Bangka, penguasaan pengetahuan umum, kepemimpinan, sikap dan komitmen terhadap pekerjaan," katanya.    
Secara teknis, kata dia, peserta juga harus mampu mengoperasikan komputer dan membuat surat pernyataan bersedia ditempatkan di desa dan melaksanakan tugas dengan baik.

Pewarta: Oleh Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014