Sungailiat (Antara Babel) - Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tarmizi Saat meminta kepala desa (kades) dapat merangkul semua elemen yang ada di masyarakat tanpa pandang bulu untuk meningkatkan kemajuan desa di daerah itu.

"Saya meminta kades yang ada harus mampu merangkul semua pihak, bangun kebersamaan, jangan ada pengkotak-kotakan yang mengarah pada perpecahan," kata bupati di Sungailiat, Jumat.

Ia mengatakan, kepala desa harus senantiasa dekat dengan masyarakat, karena tugas kepala desa itu adalah menjemput aspirasi ke masyarakat. Jika hal ini tidak dilakukan, kepala desa tidak akan bisa melaksanakan pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di desa.  Karena, aspirasi itu ada di masyarakat.

"Maka, carilah aspirasi itu, supaya pembangunan di desa bisa berjalan sesuai dengan kebutuhan masyarakat," kata bupati.

Bupati juga meminta agar kades cepat tanggap dan sigap terhadap perkembangan dan persoalan yang terjadi di masyarakat. Sehingga semua persoalan yang timbul bisa segera diatasi.

"cari solusi terbaik dan duduk bersama dalam memecahkan suatu masalah agar tidak berkembang dan berdampak pada perpecahan didalam masyarakat,"ujarnya.

Ia mengatakan,  tugas kades bukanlah pekerjaan yang ringan. Kendati begitu, Kades tidak perlu merisaukannya karena bila pekerjaan dilakukan dengan sungguh-sungguh dan niat yang ikhlas, maka semua itu akan ringan.

"Berikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dengan hati yang iklas demi peningkatan kemajuan desa dan Jagalah amanah dan kepercayaan rakyat yang telah memilih," ujarnya.

Ia menambahkan, Selain itu, kades juga harus mampu memupuk kerjasama yang baik dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam merumuskan setiap kebijakan. Khususnya tentang perencanaan pembangunan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat desa.

"Jika kebersamaan terjalin dengan baik, maka program desa akan berjalan sesuai yang kita inginkan," katanya.

Pewarta: Oleh Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014