Ikatan Karyawan PT Timah Tbk menyalurkan paket bantuan sembako dan masker kain kepada warga di Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Bantuan ini kami berikan sebagai bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat di daerah itu, kami berharap bisa bermanfaat untuk meringankan beban hidup sehari-hari selama berlangsungnya wabah virus corona jenis baru (COVID-19)," kata Ketua Ikatan Karyawan PT Timah Tbk (IKT) Wilayah Mentok Abang Asriyadhi di Mentok, Jumat.

Ia mengatakan penyaluran bantuan sudah berlangsung sejak Rabu (13/5) hingga hari ini di beberapa desa dan kelurahan di daerah itu, seperti Kampung Kebonnanas, Pal9, dan Keranggan.
IKT wilayah Mentok salurkan bantuan sembako. (ANTARA/ Donatus D.P)


"Bantuan bahan pangan pokok ini kami salurkan kepada warga yang benar-benar membutuhkan, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 320 paket," katanya.

Dia menjelaskan pembagian bantuan dari IKT tidak hanya dilakukan di wilayah Mentok, namun juga di daerah lain dengan jumlah berbeda-beda sesuai kebutuhan warga.

Kegiatan serupa di luar daerah juga dilakukan di wilayah Operasional PT Timah Tbk, yaitu di Kundur, Kepulauan Riau, Pangkapinang, Bangka Tengah, Belinyu kawasan UPLB, Belitung, Toboali, dan Sungailiat.

Bantuan tersebut bersumber dari dana yang dikumpulkan melalui zakat infaq dan sadaqah (ZIS) karyawan PT Timah Tbk yang dipotong setiap bulan 2,5 persen dari penghasilan atau gaji.

"Seluruh dana dikelola Unit Pengumpul Zakat (UPZ) PT Timah Tbk, yang selanjutnya disalurkan ke masyarakat, salah satunya melalui kegiatan di Mentok tersebut," katanya.

Ia berharap, bantuan paket berisi bahan pangan pokok, seperti beras, mi instan, gula pasir, ikan kaleng, minyak goreng, teh, susu kaleng, tepung terigu, telur dan uang tunai tersebut bisa diterima dan benar-benar bermanfaat untuk masyarakat.

"Bersamaan dengan kegiatan itu, kami juga membagikan masker kain untuk warga," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020