Sungailiat (Antara Babel) - Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, minta kepada para pengelola lembaga pendidikan di daerah itu mengutamakan lingkungan sekolah yang hijau dengan berbagai tanaman.

"Saya minta pihak sekolah agar memerhatikan lingkungan hijau dengan menanam sejumlah pohon yang bermanfaat baik bersifat ekonomis maupun mengandung unsur keindahan," kata Bupati Bangka Tarmizi di Sungailiat, Sabtu.

Menurutnya, lingkungan hijau yang ditata dengan rapi dan indah akan memberikan suasana kesegaran udara di masing-masing lingkungan sekolah.

"Jenis tanaman di lingkungan sekolah tentunya disesuaikan dengan kondisi masing-masing, jangan sampai membuat rusak bangunan atau ancaman lainnya seperti akar yang merusak gedung," kata bupati.    
Ke depan dia menginginkan seluruh sekolah di daerahnya memiliki konsep lingkungan adiwiyata atau "Green School" sehingga seluruh sekolah nampak indah, hijau dan rapi serta lingkungannya sehat.

"Tanaman hijau dapat diciptakan dengan menanam tanaman di taman sekolah dengan berbagai jenis bunga," ujarnya.

Dia juga menyarankan agar pihak sekolah memerhatikan bangunan pagar karena dia melihat masih terdapat sekolah yang tidak ada pagarnya.

"Pagar bagi sekolah sangatlah penting selain untuk menjaga keamanan lingkungan juga dapat memperindah lingkungan sekolah itu sendiri. Anak-anak sekolah tidak mudah akan keluar masuk sekolah jika dibangun pagar keliling," katanya.

Dia juga mengatakan, dengan lingkungan sekolah yang bersih, indah dan rapi serta aman akan menunjang proses belajar mengajar yang mendukung peningkatan kualitas pendidikan.

Pewarta: Oleh Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014