Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) serentak untuk warga terdampak virus COVID-19 di 11 desa.

"BLT terus digulirkan dan hari ini penyalurannya serentak untuk 11 desa," kata Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan seluruh desa di Bangka Tengah sudah menggeser anggaran yang bersumber dari dana desa (DD) untuk penanggulangan perekonomian masyarakat yang terdampak virus corona.

Baca juga: Polres Bangka Tengah antisipasi aktivitas mudik di pelabuhan kecil

"Sudah hampir merata seluruh desa menyalurkan BLT tahap pertama, tentu ini sangat membantu warga apalagi akan memasuki Lebaran," ujarnya.

Ia menjelaskan BLT itu bersumber dari dana desa yang digulirkan selama tiga bulan ke depan senilai Rp600 ribu per kepala keluarga.

Ke-11 desa tersebut adalah Desa Baskara Bhakti, Kayu Besi, Beluluk, Belilik, Namang, Cambai, Cambai Selatan, Jelutung, Air Mesu, Jeruk, dan Tanjung Gunung.

"Selain BLT, pemerintah juga menyalurkan bantuan sosial yang bersumber dari Kemensos RI, yaitu bantuan sosial tunai (BST) yang sudah digulirkan secara bertahap," ujarnya.

Ia mengatakan selain BLT dan BST warga juga dibantu sembilan bahan pokok, baik dari pemerintah maupun dari lembaga swasta.

"Kami mulai fokus pemulihan ekonomi dan sosial warga yang dalam beberapa bulan ini melemah akibat corona," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020