Kepolisian Resor (Polres) Bangka Barat, Polda Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan pengamanan sejumlah fasilitas umum untuk menghindari kemungkinan terjadinya gangguan keamanan, ketertiban dan kenyamanan masyarakat menjelang Idul Fitri 1441 Hijriah.

"Patroli malam hari dan pengamanan lokasi berkumpulnya warga terus kami lakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya gangguan kamtibmas, seperti pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan dan pencurian kendaraan bermotor," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah, di Mentok, Sabtu.

Ia menjelaskan, untuk pengamanan sejumlah lokasi fasilitas umum, seperti pasar, kantor perbankan, kantor pos, rumah ibadah, dan lainnya dilakukan oleh para personel Satuan Reskrim.

"Kami juga perintahkan para personel Satuan Lalu Lintas untuk melakukan pengamanan jalan raya dan sekitar pasar agar lalu lintas tertib," ujarnya pula.

Ia menjelaskan, personel Satuan Reskrim melakukan patroli keliling tidak hanya dilakukan pada malam hari, namun juga siang hari dengan waktu yang tidak ditentukan guna mempersempit potensi untuk melakukan pencurian, penjarahan dan kekacauan.

"Anggota Satuan Reskrim giatkan patroli keliling di pusat-pusat perbelanjaan, sejak tadi pagi sudah dilakukan di Pasar Mentok yang situasinya terpantau aman terkendali," katanya.

Selain melakukan penjagaan langsung di lokasi, personel kepolisian itu juga melakukan koordinasi dan menguatkan komunikasi dengan masyarakat sekitar untuk mengantisipasi kemungkinan kerawanan.

Kepala Satuan Reskrim Polres Bangka Barat AKP Andri Eko mengatakan imbauan kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi, juga terus diberikan guna meningkatkan kesadaran masyarakat menjaga kamtibmas di wilayah masing-masing.

"Mereka juga kami imbau tetap menjalankan aturan kesehatan untuk mencegah kemungkinan terjadinya penularan COVID-19," kata Andri Eko.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020