Sungailiat (Antara Babel) - Sebanyak 10 batang besi penyangga jembatan bailey Kampung Rebo, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, hilang yang diduga dicuri orang dengan nilai kerugian mencapai lebih kurang puluhan juta.

Kasi Konstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kep Bangka Belitung, Wahyudi di Sungailiat, Kamis mengatakan, ke-10 besi penyangga jembatan yang hilang tersebut masing - masing seberat 30 kilogram dengan panjang 1,5 meter.

"Dengan hilangnya besi penyangga tersebut tentu akan membahayakan bagi pengguna  karena material konstruksi yang tidak lengkap dan sehingga kekuatannya berkurang," katanya.

Dia mengakui atas kejadian tersebut, dirinya sudah melaporkan langsung ke pihak kepolisian di Polres setempat dengan harapan polisi segera dapat menangkap dan memproses hukum pelakunya.

"Jembatan berkonstruksi Bailey tersebut dibangun dengan panjang 15 meter dengan lebar tiga meter dengan kemampuan daya beban maksimum 15 ton," ujarnya.

Menurutnya, meskipun konstruksi Bailey atau  jembatan rangka baja ringan namun memiliki berkualitas tinggi dan tahan lama serta mampu menahan beban yang cukup banyak.

"Diketahuinya ada material jembatan yang hilang berawal dari salah satu warga setempat yang saat itu sedang menunggu kebunnya yang jaraknya tidak jauh dari jembatan," katanya.

Pembangunan jembatan yang mencapai nilai Rp1 miliar itu, diperkirakan selesai tahun ini dan dapat segera dipergunakan oleh masyarakat umum.

Pewarta: Oleh Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014