Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan melakukan rapid test terhadap seluruh jajaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD).

"Seluruh jajaran Panwascam dan PKD akan dilakukan tes cepat atau rapid test dalam rangka mengawal tahapan Pilkada 2020," kata Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto di Koba, Senin.

Hal itu dikemukakannya menyikapi dilanjutkan kembali tahapan Pilkada 2020 yang sempat ditunda karena terjadi pandemik COVID-19 yang penyebarannya semakin meluas di seluruh Indonesia.

"Semua jajaran Panwascam dan PKD kembali kami aktifkan setelah sempat dihentikan sementara," ucapnya.

Ia mengatakan, protokol kesehatan COVID-19 lebih diutamakan dalam melakukan pengawasan Pilkada 2020, namun pengawalan tetap dilakukan secara optimal.

"Kami siap melakukan pengawasan secara maksimal, namun keamanan dan kesehatan jajaran kami juga sangat penting maka perlu dilakukan rapid test untuk memastikan mereka benar-benar aman dari virus," ujarnya.

Ia juga mengatakan, terus melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Bangka Tengah untuk pemetaan titik-titik penyebaran virus corona.

"Tentu saja pola pengawasan yang dilakukan disesuaikan dengan situasi pandemik, namun tidak menghambat tugas pokok pengawasan," tuturnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020