Seluruh petugas dan warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Mentok, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjalani tes urine guna mencegah kemungkinan penyalahgunaan narkotika, psikotropika,  dan zat adiktif.

"Kami lakukan pemeriksaan terhadap seluruh petugas dan warga binaan secara mendadak, hasil tes seluruhnya negatif," kata Kepala Satuan Resnarkoba Polres Bangka Barat Iptu Umar Dani di Mentok, Senin.

Pemeriksaan urine yang dilaksanakan di Rumah Tahanan (Rutan) Mentok tersebut dilaksanakan personel Satuan Reserse Narkoba Polres Bangka Barat bersama petugas medis Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat.

Kegiatan dilaksanakan guna mengantisipasi kemungkinan peredaran dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan Rutan Mentok.

"Maraknya peredaran narkoba saat ini kami antisipasi dini dengan melakukan tes urine di dalam Rutan Mentok, kami berharap kerja sama dengan kantor tersebut bisa menciptakan situasi kondusif," katanya.

Ia menjelaskan, para petugas dan warga binaan di Rutan Mentok menjalani pemeriksaan sampel urine satu per satu dengan tertib dan teliti sesuai arahan para petugas.

"Kegiatan ini merupakan permintaan Kepala Rutan Kelas II B Mentok, kami lakukan pendampingan agar berjalan dengan baik dan sesuai prosedur," katanya.

Kegiatan itu diharapkan dapat mengantisipasi kemungkinan terjadinya peredaran dan penyalahgunaan barang haram tersebut di antara para petugas dan warga binaan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Irwan Arfa


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020