Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengaktifkan kembali Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) untuk melanjutkan tugas pengawasan tahapan Pilkada 2020.

"Hari ini untuk seluruh anggota Panwascam sudah mulai kami aktifkan kembali, sedangkan para PKD akan segera kami lantik, rencananya Senin (22/6)," kata anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Barat Ekariva Annas Asmara di Mentok, Selasa.

Menurut dia, pengaktifan kembali para anggota Panwascam dan PKD tersebut dilakukan untuk menjalankan tugas dalam pengawasan pelaksanaan beberapa tahapan yang sedang dilakukan penyelenggara pemilu.

"Komisi Pemilihan Umum (KPU) sedang melakukan persiapan pelaksanaan pemutakhiran data pemilih, kami aktifkan para pengawas di kecamatan serta kelurahan dan desa untuk mengawasi tahapan tersebut," katanya.

Selain itu, jajaran pengawas juga sudah mulai melakukan persiapan pengawasan terhadap seluruh tahapan lanjutan agar bisa berjalan sesuai jadwal.

Ia berharap para anggota Panwascam dan PKD dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan penuh tanggung jawab.

"Kami juga menekankan agar mereka selama bertugas mengawasi jalannya proses demokrasi selalu disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan seiring masih berlangsungnya wabah virus corona jenis baru atau COVID-19," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020