Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mempercepat pengerukan dan pelebaran alur pelayaran di Pelabuhan Belinyu, Kabupaten Bangka guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Hari ini, kita kembali melakukan survei lanjutan untuk menpercepat pengerukan Pelabuhan Belinyu yang masih dangkal dan sempit untuk dilalui kapal berukuran besar," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Babel, KA Tajuddin di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan, dalam meningkatkan kunjungan kapal kargo dan cruise (kapal pesiar), Pemprov Kepulauan Babel bersama PT Pelindo 2 (Persero) akan memperdalam alur pelayaran kapal Pelabuhan Belinyu dengan kedalaman sekitar tujuh meter.

Selain itu, pada tahun ini dermaga Pelabuhan Belinyu akan diperpanjang 50 meter dan pada 2021 direncanakan penambahan kembali sepanjang 100 meter hingga panjang dermaga mencapai total 220 meter.

"Sebelumnya, Gubernur Kepulauan Babel bersama Forkopimda telah melakukan survei untuk memetakan titik koordinat lebar, panjang dan dalam alur, metode pendalaman dan pelebaran, kajian amdal hingga 'dumping area'," ujarnya.

Menurut dia, dengan terbukanya alur maka arus kunjungan ke Babel melalui Pelabuhan Belinyu akan meningkat, dan langkah itu juga untuk mendorong berlabuhnya kapal-kapal pesiar mewah melalui wisata cruise di Perairan Babel.

"Kami menilai, potensi wisatawan mancanegara dari kapal pesiar cruise ini sangat potensial. Apalagi dengan kapasitas kapal mencapai 26 ribu GT dengan jumlah penumpang (wisatawan) sekitar tiga ribu orang untuk setiap unit kapal," katanya. 

Ia berharap, kapal-kapal cruise yang datang dari Australia, Singapura dan negara lainnya akan melanjutkan rute wisatanya ke Babel, karena pemprov mendorong PT Pelindo 2 untuk melakukan kajian karena langkah itu iakan membuka akses dari luar negeri melalui jalur laut.

"Kita terus berupaya mendorong agar dilakukan upaya lebih intensif sehingga realisasi kegiatan dapat berlangsung lebih cepat. Terutama terkait pengerukan, pelebaran, pendalaman dan pemecahan batu karang," katanya.

Komandan Lanal Babel, Kolonel Laut (P) Dudik Kuswoyo, menyambut baik rencana pendalaman dan pelebaran alur Pelabuhan Belinyu, apalagi hal itu sebagai upaya menarik kunjungan wisatawan mancanegara ke Bangka Belitung.

Karenanya Danlanal mengingatkan agar proses dilakukan secara optimal guna mempermudah masuknya kapal cruise.

"Kami siap mendukung rencana yang akan dilakukan Pemprov Babel bersama Pelindo tersebut. Bahkan Lanal Babel berencana melibatkan Komando Pasukan Katak (Kopaska) Mabes TNI-AL untuk mempermudah kegiatan pelebaran alur," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Irwan Arfa


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020