Pangkalpinang (Antara Babel) - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kerjasama Humas dan Penerbitan Universitas Bangka Belitung (UBB) menggelar pelatihan jurnalistik bagi 45 mahasiswa dari lima fakultas agar menjadi pengelola pers kampus di universitas itu.

"Pelatihan ini untuk melatih mahasiswa memahami dunia jurnalistik dan persiapan menjadi anggota redaksi tabloid kampus yang dikelola pers mahasiswa UBB," ujar Kepala UPT Kerjasama Humas dan Penerbitan Universitas Bangka Belitung, Eddy Jajang Jaya Admaja di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan, pelatihan digelar selama dua hari, dari Minggu (16/11) kemarin hingga Senin (17/11) di Kampus Terpadu UBB, yang terletak di Desa Balun Ijuk, Kabupaten Bangka. Materi pelatihan jurnalistik diberikan oleh dua wartawan senior dari harian lokal setempat.

"Setelah dilatih, mahasiswa ini akan menjadi pengelola media koran kampus berbentuk tabloid yang akan diterbitkan dalam waktu dekat ini," katanya.

Ia menuturkan, media koran kampus berbentuk tabloid tersebut akan menyiarkan berita seputar dinamika civitas kampus maupun perkembangan masyarakat khususnya masyarakat Provinsi Bangka Belitung.

"Tabloid ini untuk konsumsi komunitas UBB dan publik. Ini satu-satunya media kampus yang murni dikelola oleh mahasiswa sendiri," ujarnya.

Menurut dia, dengan menekuni dunia pers kampus, diharapkan para mahasiswa memiliki nilai lebih saat lulus menjadi sarjana. Tidak menutup kemungkinan, mahasiswa pengelola redaksi kampus dapat melamar di media massa yang ada di Bangka Belitung, berbekal pengalaman dan wawasan yang dimiliki saat menjadi redaksi media kampus.

"Kalau mereka nanti menjadi saarjana, mereka tidak hanya mengantongi ilmu dari jurusannya saja namun juga memiliki wawasan di bidang jurnalistik. Tentu ini akan menjadi nilai plus," katanya.

Ia menambahkan, dalam pelatihan tersebut, para mahasiswa akan dipaparkan mengenai jurnalistik dan diberikan materi proses pembuatan berita mulai dari awal hingga akhir.

"Pelatihan ini juga sekaligus rekrutmen redaksi pers kampus. Dalam pelatihan, para mahasiswa dilatih teknik pembuatan berita, wawancara dan langsung melakukan praktik di lapangan," katanya.

Pewarta: Oleh: Leo Oktaviano

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014