Kepolisian Resor Bangka Barat menggelar tes cepat secara massal dengan melibatkan 204 personel untuk mengantisipasi sejak dini penularan virus corona jenis baru (COVID-19).

"Tes cepat yang dilaksanakan hari ini merupakan tes tahap dua, sekitar dua pekan lalu kami juga sudah melaksanakan tes cepat massal dan sejauh ini hasilnya tidak ada yang reaktif COVID-19," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah di Mentok, Selasa.

Tes cepat dilaksanakan Polres Bangka Barat sebagai upaya pemantauan dini kemungkinan adanya penularan virus tersebut, sekaligus memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh personel yang setiap hari bekerja di tengah masyarakat.

Dia menjelaskan para personel Polres Bangka Barat banyak bekerja di luar kantor dan berbaur dengan warga.

Dengan adanya tes cepat dan hasilnya tidak ada yang reaktif tersebut, diharapkan memberi rasa tenang dan nyaman masyarakat terkait dengan kehadiran para personel kepolisian di tengah masyarakat.

"Sampai saat ini sudah 392 orang personel Polres Bangka Barat yang diperiksa dan seluruhnya menunjukkan hasil nonreaktif," katanya.

Meskipun demikian, kata dia, para personel tetap diwajibkan mengikuti protokol kesehatan sesuai instruksi pemerintah, baik saat berada di rumah, kantor, maupun menjalankan tugas di lapangan.

"Tetap semangat dalam kondisi apapun di tengah pandemi COVID- 19 , tetap disiplin dalam melaksanakan protokol dan ketetapan kesehatan," katanya.

Dalam tes cepat di Gedung Catur Prasetya Mapolres Bangka Barat tersebut, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Kegiatan ini juga dalam rangka memeringati Hari Bhayangkara Ke-74, dalam rangkaiannya kami juga menggelar aksi donor darah, bakti sosial, gotong royong bersih pantai, pembagian sembako dan kemarin kami gelar ziarah kubur ke makam para pendiri kota Mentok," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020