Warga Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang sudah melakukan swab COVID-19 tercatat 685 orang.

Juru bicara gugus tugas COVID-19, Kabupaten Bangka, Boy Yandra di Sungailiat, Kamis mengatakan ke-685 warga yang dilakukan swab tersebut merupakan warga yang reaktif termasuk yang kontak primer.

Dengan jumlah warga yang di swab tersebut kata Boy Yandra, angka itu sudah melebihi target ketentuan organisasi kesehatan dunia "WHO" yang menetapkan 1/1.000 penduduk, sementara Kabupaten Bangka sudah mencapai 2.1/1.000 penduduk dari 300 ribu lebih penduduk.

"Kita berharap zona aman Kabupaten Bangka dapat segera kembali ke zona hijau kasus COVID-19, dengan 58 pasien terkonfirmasi dinyatakan 57 pasien sudah sembuh," jelasnya.

Dikatakan, pihaknya bersama dengan tim kesehatan dan relawan melakukan pencegahan penyebaran wabah COVID-19 secara berkelanjutan baik melalui sosialisasi atau penegakan disiplin protokol kesehatan.

"Selain dari 57 pasien dinyatakan sembuh, masih terdapat 45 pasien dalam pengawasan serta 273 orang dalam pemantauan," katanya.

Dia menilai, sebagian masyarakat di daerahnya sudah mentaati protokol kesehatan seperti memakai masker saat keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020