Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan menggelar pameran UMKM secara virtual guna membangkitkan kembali industri UMKM di daerah itu setelah pandemi virus corona baru atau COVID-19.

"Jadi nanti rencananya digelar secara virtual produk-produk UMKM tersebut kami promosikan melalui media sosial," kata Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Adnizar di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, pameran UMKM secara virtual tersebut dilakukan dengan menghadirkan sejumlah pelaku UMKM beserta produknya kemudian dipromosikan secara daring menggunakan media sosial.

"Jadi tidak mengumpulkan orang banyak pembelinya menang tidak ada di lokasi sehingga promosi dilakukan melalui daring media sosial seperti halaman youtube dan instagram jadi kami "share" secara virtual," ujarnya.

Disampaikannya, dalam pameran tersebut nantinya juga akan dihadirkan perwakilan dari sejumlah biro jasa pengiriman barang di daerah itu.

"Sehingga jika ada yang melakukan pemesanan oleh masyarakat luar Belitung bisa langsung dilakukan pengiriman," katanya.

Dikatakan dia, ratusan pelaku UMKM direncanakan akan ikut berpartisipasi dalam pameran virtual tersebut.

Pameran secara virtual, lanjut dia, dinilai merupakan cara tepat dalam mempromosikan dan membangkitkan kembali dunia UMKM Belitung setelah pandemi COVID-19.

"Karena dengan cara daring jangkauan promosi bisa luas bahkan sampai ke luar negeri dan ini juga sejalan dengan era normal baru UMKM yakni promosi secara daring dan mengedepankan transaksi non tunai," ujarnya.
 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020