Koba (Antara Babel) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bahrun S Siregar menyatakan, Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-50 terasa lebih istimewa karena memiliki spirit yang lebih tinggi untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Dengan usia setengah abad juga menjadi momentum untuk meningkatkan mutu kesehatan yang lebih baik dan berkualitas," ujarnya ketika memaparkan rangkaian acara HKN yang sudah dilaksanakan di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, cara masyarakat dan tenaga kesehatan dalam merespon HKN Emas ke-50 yang jatuh pada 12 November 2014 lebih antusias dan bersemangat dibanding tahun sebelumnya.

"Kami tentu berharap tingkat kesehatan masyarakat ke depan lebih baik, tenaga kesehatan juga dapat meningkatkan pelayanan," ujarnya.

Ia menjelaskan, kegiatan HKN ke-50 tahun ini diawali dengan aksi bakti sosial berupa pengobatan gratis, donor darah, lomba puskesmas berprestasi, sekolah sehat, dokter kecil dan PIK Remaja tingkat Provinsi Bangka Belitung.

Kemudian lomba senam lanjut usila tingkat kabupaten, lomba Baduta Tingkat Provinsi Bangka Belitung, lounching kartu BPJS bagi Penerima Bantuan Iuran (PBI), kegiatan promotif dan preventif, gerakan masyarakat, dan kegiatan membangun kebersamaan insan kesehatan.
    
"Peringatan HKN tahun ini dilakukan dengan istimewa dan penuh makna karena merupakan HKN Emas 50 tahun," ujarnya.

Ia mengatakan, untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat butuh dorongan dari pemerintah daerah dan kesadaran dari warga itu sendiri untuk membiasakan pola hidup sehat.

"Sekarang ini kami juga sedang konsentrasi menyosialisasikan kepada masyarakat terkait stop buang air besar sembarangan," ujarnya.

Ia menjelaskan, hingga saat ini tercatat 20 persen masyarakat masih sanitasi buruk dan masih ada warga yang belum memiliki toilet.

Pewarta: Oleh: Ahmadi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014