Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membantu mempromosikan objek wisata sejarah Pesanggrahan Menumbing agar semakin banyak dikunjungi wisatawan.

"Pesanggrahan Menumbing sebagai salah satu bangunan tempat pengasingan Proklamator RI memiliki peran dan nilai sejarah tingkat nasional, ini aset yang perlu kita jaga untuk dikembangkan sebagai wisata andalan," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah di Mentok, Minggu.

Menurut dia, peran besar bangunan Pesanggrahan yang berada di puncak Bukit Menumbing Mentok di ujung barat Pulau Bangka tersebut tidak hanya memiliki nilai sejarah lokal, namun juga nasional.

"Lokasi itu merupakan tempat Proklamator RI dan sejumlah pejabat penting Republik yang diasingkan Belanda pada 1948-1949, ini merupakan aset berharga yang perlu terus dilestarikan," katanya.

Selain menawarkan nilai penting sejarah bangunan, dari puncak bukit tersebut para pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam dan pemandangan Kota Mentok dari sisi atas.

"Jika datang ke Babel jangan lewatkan ke Pesanggrahan Menumbing untuk belajar sejarah dan menikmati keindahan alam hutan konservasi," katanya.

Dengan potensi besar yang ada di daerah itu, Kapolres berjanji akan membantu melakukan promosi wisata agar semakin banyak wisatawan yang berkunjung.

Promosi melalui media sosial yang ada di Humas Polres Bangka Barat akan dioptimalkan agar informasi berbagai objek wisata yang ada di Bangka Barat semakin dikenal.

"Keindahan, kesejukan dan kenyamanan lokasi itu luar biasa, sayang jika datang ke Babel, namun belum berkunjung ke Pesanggrahan Menumbing," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020