Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), melakukan pemilihan duta wisata di tengah berlangsungnya pandemi COVID-19 dengan cara online atau daring (dalam jaringan).

"Seluruh proses mulai dari tahapan pendaftaran, seleksi, karantina hingga babak final, kami laksanakan sesuai aturan kesehatan penanggulangan COVID-19," kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat Bambang Haryo Suseno di Mentok, Senin.

Ia mengatakan seluruh proses pemilihan sudah dilaksanakan dan saat ini sudah terpilih lima pasangan favorit yang nantinya akan menjadi mitra pemerintah daerah dalam berbagai kegiatan promosi wisata baik di dalam maupun luar daerah.

Lima pasangan terbaik tersebut yaitu Kelvin Fernando Pratama dan Fifi Nurhafifah, di tempat ke-2 pasangan Seftian Jerry dan Zafhira Araza, ke-3 pasangan Orie Fachridho Hermawan dan Oktavia Mirendra, sedangkan pasangan Yusril Ihza Mahendra dan Wulan Purnama Sari terpilih sebagai pasangan berbakat, serta  pasangan Enda Saputra dan Hety Estora sebagai bujang dayang intelijensia.

Dalam proses penjaringan tersebut,panitia menyelenggarakan dengan cara daring untuk menghindari pertemuan fisik dan pengumpulan massa guna mencegah penularan  COVID-19.

"Kami sengaja melaksanakan dengan daring, kecuali babak final yang dilaksanakan tertutup dan terbatas di Pesanggrahan Menumbing, namun pada intinya mereka sudah melewati sejumlah tahapan, proses seleksi ketat dan berbagai tantangan untuk menjadi lima pasangan terbaik," katanya.

Dengan adanya kegiatan itu diharapkan generasi muda selanjutnya akan lebih dini dalam melatih diri agar semakin siap menjadi generasi muda yang seimbang dalam karakter dan intelektual agar nantinya bisa menjadi duta wisata daerah.

Selain perlu melakukan persiapan dan pembinaan yang matang agar semakin siap menjadi duta wisata. Ia mengharapkan para orang tua sedini mungkin menanamkan kecintaan pada kegiatan kepariwisataan dan pelestarian seni budaya di Kabupaten Bangka Barat.

"Semoga kegiatan pemilihan Bujang Dayang tahun ini yang diselenggarakan lain dari biasanya karena berbagai keterbatasan ini dapat bermanfaat dan sesuai yang diharapkan," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020