DPRD Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berharap penerapan adaptasi kebiasaan baru (AKB) mampu memulihkan perekonomian warga di tengah pandemi COVID-19.

"Aturan terkait adaptasi kebiasaan baru dapat memberikan kepastian terhadap aktivitas di masyarakat yang harus berjalan untuk memulihkan perekonomian," kata Ketua DPRD Kabupaten Belitung Timur Fezzy Uktolseja di Manggar, Senin.

Ia menjelaskan hampir semua kegiatan belum ada aturan atau SOP sehingga cenderung berjalan sendiri-sendiri.

"Kami akan keluarkan surat rekomendasi untuk segera dikeluarkan surat keputusan terkait berbagai kegiatan agar ekonomi dapat pulih,” ujarnya.

Selama proses membuat aturan, pihaknya mengizinkan masyarakat untuk melakukan aktifitas ekonominya seperti biasa namun tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Kami minta untuk sementara, silahkanlah jalan sesuai aturan protokol kesehatan sembari kami bersurat ke bupati dan tembusan ke camat dan polres sehingga ada dasar kalau ada hajatan,” ujarnya.

Namun Fezzy mengingatkan masyarakat yang akan menggelar hajatan untuk mematuhi aturan protokol kesehatan dan sebelum menggelar hajatan untuk membuat surat izin.

"Sebelum jalan, koordinasikan dengan camat, desa, polsek dan bisa pakai surat dari DPRD,” ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020