Parittiga (Antara Babel) - Kepala Kantor Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, mengungkapkan Pemerintah Daerah setempat perlu segera mengadakan koordinasi antar kecamatan untuk menentukan alur kunjungan wisata agar para wisatawan bisa lebih lama tinggal.

"Selama ini wisatawan hanya  mampir paling lama satu hari di Bangka Barat padahal banyak objek yang bisa ditawarkan kepada mereka yang tersebar di seluruh enam kecamatan, hal ini perlu mendapatkan perhatian bersama antar instansi terkait," ujar Camat Parittiga Iduwan di Parittiga, Sabtu.

Menurut dia, untuk menahan wisatawan berlama-lama tinggal di Bangka Barat, maka Pemkab setempat perlu melakukan koordinasi antar-kecamatan untuk menentukan alur kunjungan wisata yang diharapkan nantinya para wisatawan bisa mengunjungi secara berurutan seluruh enam kecamatan sehingga terjadi pemerataan ekonomi bagi masyarakat.

Ia mencontohkan, selama ini wisatawan yang singgah ke Muntok hanya sehari untuk menikmati wisata sejarah yang ada di daerah itu dan langsung pergi karena tidak memiliki alternatif kunjungan lain.

"Kunjungan seperti itu biaya yang harus dikeluarkan wisatawan cukup mahal karena hanya ditawarkan satu alternatif yaitu wisata sejarah dan bisa jadi mereka tidak akan berkunjung lagi di lain waktu, hal yang sama juga terjadi di Parittiga," kata dia.

Untuk itu, kata dia, pemkab setempat perlu segera menyusun alur kunjungan wisata di Bangka Barat agar nantinya para wisatwan bisa secara berurutan mengunjungi seluruh kecamatan yang selama ini memang memiliki wisata unggulan masing-masing.

"Kami berharap pemkab memfasilitasi koordinasi antarkecamatan untuk membahas secara detail alur kunjungan wisata dengan melibatkan tim khusus yang bisa menganalisa potensi wisata unggulan d setiap kecamatan," kata dia.

Menurut dia, untuk menentukan wisata unggulan masing-masing kecamatan perlu kajian khusus dari tim dengan melibatkan warga di setiap kecamatan yang memang benar-benar memiliki kemampuan dalam bidang pariwisata.

"Kami berharap koordinasi antarkecamatan bisa segera direalisasikan seiring semakin bergairahnya pariwisata di Bangka Barat sehingga ke depan para wisatawan bisa berlama-lama singgah dan tentunya akan memberi dampak ekonomi yang signifiikan kepada masyarakat," kata dia.

Pewarta: Oleh: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014