Ketua kwartir daerah (Kwarda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi melantik Bupati Bangka, Mulkan sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Bangka masa bhakti 2017-2022.

Di Sungailiat, Selasa, seusai pelantikan,  Melati Erzaldi menyarankan agar pengurus  gerakan pramuka di Kabupaten Bangka, dapat menjalankan organisasi dengan berbagai program kegiatan yang berkelanjutan.

"Saya optimis Kwarcab pramuka di Kabupaten Bangka, dapat berjalan sesuai harapan karena ketua Kwarcab yang merupakan seorang bupati didukung langsung oleh istrinya yang menjabat kerua Kwartir cabang Bangka," katanya.

Dia mengatakan, gerakan pramuka dapat menjadi suatu solusi untuk menentukan karakter anak bangsa sekaligus meningkatkan rasa nasionalisme.

Melalui  pramuka, kata dia, hendaknya dapat dijadikan wadah yang ideal dalam berorganisasi dengan membangun kekompakan atau kebersamaan.

"Dengan bergabungnya dalam suatu wadah pramukan, hendaknya pula mampu mendewasakan diri dengan cara salingmenghargai dan menghormati antar anggota dan pengurus," katanya.

Melati Erzaldi minta bukti nyata dari pengurus gerakan pramuka Kabupaten Bangka, dapat menjalankan program dengan baik dan berjenjang serta meningkatkan kreativitas guna kepentingan bersama .
"Terbentuknya NKRI salah satunya terlibatnya gerakan pramuka di dalamnya yang disebut Pandu. Saya berharap adanya dukungan penuh dari pemerintah daerah untuk memajukan gerakan pramuka, terutama alokasi anggaran," jelasnya.

Dia mendorong gerakan pramuka Kabupaten Bangka dapat mewujudkan untuk menjai "Pramuka Garuda" yakni, kecakapan dan penghargaan tertinggi pada masing-masing jenjang pendidikan kepramukaan, baik itu siaga, penggalang, penegak dan pandega.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020