Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan optimis sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerahnya segera pulih karena masyarakat sudah mulai menyesuaikan diri dengan tatanan kehidupan baru.

"Saya optimis, sektor UMKM akan berangsur membaik setelah terdampak pandemi COVID-19 selama beberapa bulan," katanya di Sungailiat, Senin.

Dia mengatakan, berbagai program kerja dilakukan oleh pihaknya untuk membangkitkan kembali sektor usaha pada kelompok mikro dan menengah seperti sebelumnya penyaluran bantuan gerombak untuk pedagang makanan keliling.

"Membangkitkan kembali perekonomian masyarakat menjadi perhatian serius pemeritah pusat dan daerah karena banyak yang terdampak penyebaran COVID-19," katanya.

Bupati mendorong masyarakat terutama di wilayah pedesaan, untuk memaksimalkan pemanfaatan lahan kosong guna budidaya tanaman pangan.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka M Dalyan mengatakan sebelumnya sudah menyalurkan 10 buah rombong motor tersebut akan disalurkan bagi pedagang keliling seperti penjual bakso, penjual es dan penjual lainnya.

"Pemerintah pusat dan daerah sepakat mendorong pelaku usaha mikro untuk tetap terus berkembang sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat," jelasnya.

Dia mengatakan, seluruh bantuan akan dibagikan kepada para pelaku usaha yang telah terdata di Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka.

"Kami terus berupaya membantu pelaku UMKM baik pembinaan untuk meningkatkan sumber daya manusia maupun upaya penyaluran bantuan sarana yang disesuaikan dengan kemampuan," katanya.

 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020