Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan inspeksi mendadak di Bandara Depati Amir Pangkalpinang, sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona di masa adaptasi kebiasaan baru.

"Kegiatan sidak ini, karena adanya laporan masyarakat terkait dugaan maskapai belum memenuhi ketentuan protokol kesehatan COVID-19," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Babel KA Tajuddin di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan sidak kali ini difokuskan di beberapa titik di antaranya terminal keberangkatan, kedatangan, ruang tunggu hingga calon penumpang naik ke dalam pesawat, untuk memastikan apakah protokol kesehatan ini sudah dijalankan sesuai aturan berlaku.

"Pada era normal baru ini, kami ingin memastikan protokol kesehatan benar-benar berjalan dengan baik dan dipatuhi oleh seluruh penumpang sesuai Permenhub 41/2020 dan SE 13/2020 tentang Pengendalian Transportasi Udara di bandara ini,” ujarnya.

Menurut dia selama new normal ini merupakan masa untuk tetap produktif melakukan kegiatan namun tetap aman dari penularan COVID-19, termasuk aktifitas dalam kegiatan transportasi udara, laut dan darat.

"Sidak ini juga untuk memastikan pengawasan dan pengendalian oleh petugas telah dilaksanakan dengan baik, hingga kemungkinan adanya lonjakan pergerakan penumpang di terminal bandara," katanya.

Ia menambahkan penerapan physical distancing (jarak aman) di dalam pesawat, agar penumpang yang menggunakan layanan maskapai penerbangan aman dari penularan COVID-19.

Pengaturan jarak fisik diterapkan melalui penyesuaian jumlah kursi, seperti adanya jarak satu kursi antarpenumpang.

"Kalau kami lihat bandara dan maskapai penerbangan telah penerapan protokol kesehatan, berdasarkan ketentuan dari Satgas Percepatan Penanganan COVID-19, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perhubungan," katanya.

Kegiatan sidak ini juga dihadiri Kepala Kantor Sekretariat Satgas Penanganan COVID-19 Mikron Antariksa, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang Bangun Cahyo Utomo, Ketua Satgas COVID-19 Cluster Bandara Depati Amir Lettu Agus Sutarto, Komandan Aviation Security (AVSEC) PT Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Harianto.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020