Sungailiat (Antara Babel) - Kepolisian Polres Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, siap mengamankan perayaan Natal umat Nasrani pada 25 Desember 2014 di daerah itu yang ditersebar di 44 gereja di daerah itu.

"Kami siap mengamankan perayaan Natal yang digelar umat Nasrani di 44 gereja yang berada di daerah ini," kata Kapolres Bangka AKBP I Bagus Rai melalui Ops Polres Bangka Kompol Joko Isnawan, di Sungailiat, Rabu.

Teknis pengamanannya kata dia, setiap gereja akan dijaga oleh lebih kurang dua personel polisi dan Satpol PP agar pelaksanaan perayaan Natal bagi umat Nasrani berjalan lancar.

"Setiap gereja nantinya akan dijaga oleh dua atau lebih personel polisi maupun personel Satpol PP dari pemerintah daerah setempat," katanya.

Dari pantuannya di lapangan kata dia, sudah ada sejumlah kegiatan umat Nasrani dibeberapa gereja dalam rangka persiapkan perayaan puncak hari Natal.

"Saya minta kepada panitia pelaksana kegiatan perayaan Natal di seluruh gereja agar menyampaikan jadwal kegiatanya untuk mempermudah melakukan pengawasan," ujarnya.

Ia mengatakan, pengamanan perayaan Natal yang dilanjutkan pada pengamanan tahun baru dalam operasi lilin 2014, disiapkan sebanyak lebih kurang 90 personel polisi dan dibantu oleh personel lainnya sebanyak 115 orang.

"Sebanyak 115 personel dari TNI, Satpol PP, gerakan pramuka dan dinas terkiat telah siap membantu kegiatan kami dalam rangka operasi lilin pengamanan Natal dan tahun baru," katanya.

Ia mengimbau seluruh lapisan masyarakat di daerah itu, untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing-masing, serta saling harga menghargai umat yang lainnya melaksanakan perayaan Natal.

Pewarta: Oleh: Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014