Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjamin stok sembilan bahan pokok di daerah itu aman menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2015 karena pasokan lancar.

"Saat ini pasokan dari luar daerah seperti Jawa dan Palembang cukup lancar sehingga kebutuhan warga menjelang Natal dan Tahun Baru 2015 dapat terpenuhi, sedangkan harga diperkirakan stabil," kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop Pangkalpinang, Eka Subehi di Pangkalpinang, Kamis.

Ia menjelaskan, harga beras saat ini masih bertahan Rp10.700 per kilogram, gula Rp11.000 per kilogram, minyak makan Rp11.500 per kilogram dan harga gula Rp12.000 per kilogram.

"Selama pasokan lancar dan stok dapat memenuhi permintaan maka harga akan stabil. Oleh karena itu diimbau pedagang agar dapat meningkatkan pasokan untuk mengantisipasi terjadi kenaikan harga yang dapat memberatkan perekonomian warga," katanya.

Ia juga mengimbau agar para pedagang tidak menimbun stok sembako untuk menghindari terjadinya kelangkaan barang dan melambung tingginya harga, demikian juga dengan warga agar menggunakan sembako secukupnya.

"Sebaiknya kita sama-sama menjaga dan mengawasi pasokan agar kebutuhan dapat terpenuhi sehingga menjaga kestabilan harga. Diperkirakan kebutuhan warga akan meningkat seiring mendekatnya perayaan Natal dan Tahun Baru 2015," ujarnya.

Menurut dia, sebagian besar kebutuhan itu dipasok menggunakan jasa angkutan kapal laut, karena biaya transportasi yang lebih murah dibanding menggunakan jasa pesawat udara.

"Hingga saat ini pascanaiknya bahan bakar minyak belum berdampak terhadap harga sembako yang masih bertahan stabil," ujarnya.

Pewarta: Oleh: Mulki

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014