Juru bicara Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra mengajak seluruh masyarakat di daerahnya melakukan pencegahan penyebaran COVID-19 klaster keluarga.

"Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali mencegah penyebaran wabah COVID-19 pada klaster keluarga sebagaimana yang diingatkan oleh Presiden RI," kata Boy Yandra di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin.

Menurutnya, hanya dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan COVID-19 sebagai cara yang tetap mencegah penularan wabah tersebut di lingkungan keluarga maupun di klaster lainnya.

"Penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker setiap keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak hendaknya benar-benar diterapkan masyarakat karena penyakit jenis virus baru ini belum ditemukan obatnya," jelas Boy Yandra.

Pihaknya, kata Boy Yandra, bersama BPBD, Dinas Kesehatan, TNI dan Polri serta relawan secara masif terus melakukan upaya pencegahan penyebaran COVID-19, dengan meningkatkan sosialisasi langsung di tengah masyarakat atau di tempat sarana umum.

"Bersama tim terpadu, kami terus menggelar sosialisasi pencegahan penyebaran wabah COVID-19 secara berkelanjutan sampai ketingkat kecamatan," katanya.

Tercatat sampai dengan saat sekarang, Senin (7/9) sebanyak 75 orang di Kabupaten Bangka terkonfirmasi positif COVID-19 dengan 70 orang sudah dinyatakan sembuh atau tersisa lima orang yang masih menjalani perawatan kesehatan.

Dikatakan, kelima orang yang masih menjalani perawatan kesehatan masing-masing inisial Ah (47), Lg (53), I (55) dan M (46), dan Ma (46)

"Pasien yang terkonfirmasi posotif COVID-19, harus menjalani karantina untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di balai diklat provinsi atau di rumah sakit umum Depati Bahrin Sungailiat," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020