Juru bicara Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Boy Yandra mengatakan seorang guru di salah satu SMA di kota itu inisial Rd (57) perempuan terpapar virus corona setelah pulang dari Palembang Provinsi Sumatera Selatan.

"Rd yang tinggal di Kota Sungailiat memiliki riwayat erat dengan ibu kandungnya inisial N di Palembang yang terlebih dahulu terpapar COVID-19 atau 'imported case'," kata Boy Yandra di Sungailiat, Rabu.

Dikatakan, pada tanggal 30 Agustus 2020 yang bersangkutan ke Bangka dari Palembang, tanggal 5 September 2020 tim gugus mendapat informasi bahwa ibunya di Palembang dinyatakan positif COVID-19.

"Pada tanggal 7 September 2020, Rd melakukan test swab di Rumah Sakit Depati Bahrin dan hasilnya hari ini, Rabu (9/9) Rd dinyatakan positif COVID-19," katanya.

Untuk mencegah penyebaran virus tersebut kata Boy Yandra, tim BPBD dan Dinas Kesehatan segera melakukan trancking bagi orang yang kontak langsung dengan Rd serta yang bersangkutan di karantina di Balai Diklat provinsi di Kota Pangkalpinang.

Jumlah terkonfirmasi COVID-19 di Kabupaten Bangka, Rabu (9/9) berjumlah 78 orang dan dinyatakan sembuh sebanyak 71 orang.

"Tim gugus tugas terus melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona secara masif di sejumlah tempat umum termasuk bagi pengguna kendaraan di jalan raya yang tidak memakai masker," jelasnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020