Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membantu upaya pemerintah daerah setempat dalam penanggulangan penyebaran penyakit malaria di Jebulaut, Kecamatan Parittiga.

"Sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat memegang peran penting agar warga semakin mengerti dan sadar bahaya penyakit malaria," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah di Mentok, Minggu.

Menurut dia, sosialisasi akan terus dilakukan para personel Polres setempat bersama para personel Bhabinkamtibmas yang sudah ditugaskan di seluruh desa di daerah itu.

Sosialisasi dan upaya pemberdayaan masyarakat untuk bersama-sama mencegah dan menanggulangi penyakit malaria sudah dilakukan di beberapa desa, seperti yang dijalankan personel Bhabinkamtibmas di Jebulaut, Desa Kelabat, Kecamatan Parittiga.

Pada kegiatan yang dihadiri puluhan warga, tokoh masyarakat, pemuka adat, tokoh agama bersama aparat desa dan petugas Dinas Kesehatan itu personel menekankan pentingnya upaya bersama pencegahan malaria agar tidak menyebar di desa setempat.

"Kerja sama yang baik antarlini perlu terus dilakukan, pencegahan tidak hanya tanggung jawab pemerintah namun masyarakat memiliki peran penting dan harus aktif menerapkan pola hidup bersih dan sehat," katanya.

Selain itu, kata dia, pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan juga akan melakukan gerakan eliminasi penyakit malaria yang akan dilakukan secara terus menerus selama tiga hari, mulai Senin (14/9) di desa itu.

"Kami berharap upaya ini bisa memberikan dampak positif terhadap upaya bersama menanggulangi malaria sekaligus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di daerah itu, gerakan ini akan terus kami gencarkan di desa-desa lain," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020