PT Timah, Tbk, memberikan hadiah untuk Hari Ulang Tahun ke-263 Kota Pangkalpinang, dengan meresmikan TINS Gallery & Boutique Resto, Kamis (17/9/2020).

Tak hanya menjadi pusat galeri produk UMKM, TINS Gallery ini juga menjadi salah satu tempat untuk menikmati sajian kuliner Bangka  Belitung (Babel).

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil mengapresiasi apa yang dilakukan PT Timah Tbk yang menjadikan aset yang selama ini kurang termanfaatkan menjadi TINS Gallery, apalagi berada di pusat kota Pangkalpinang.

Bagi Molen, sapaan akrab Maulan Aklil, keberadaan TINS Gallery ini memberikan nuansa yang berbeda bagi masyarakat, menjadi hadiah ulang tahun bagi Pangkalpinang.

"Kami mengapresiasi TINS Gallery ini, dan memberikan nuansa yang berbeda," ujarnya.
 

TINS Gallery ini, kata dia, bukan hanya museum yang menampilkan produk-produk UMKM  Babel, tetapi sekaligus sebagai kulinari yang  representatif.

"Selain menghadirkan produk UMKM, Galery ini juga menyediakan resto yang luks dan representatif, " kata dia.

Kepala Bidang Komunikasi PT Timah, Anggi Siahaan menyebutkan, TINS Gallery tidak hanya sebagai Galeri, tetapi juga destinasi wisata yang memiliki kapasitas sebagai plasa di tengah kota, dengan dukungan café dan resto yang berkualitas, menu kuliner yang istimewa, interior dan outdour area yang instagramable dan pelayanannya yang excellent.

“TINS Gallery  persembahan baru PT Timah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat, UMKM dan sektor pariwisata Bangka Belitung," ujar Anggi.

Di TINS Gallery ini, pengunjung dapat melihat ratusan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Bangka Belitung, menjadi showcase produk mitra binaan PT Timah dan UMKM Bangka Belitung untuk dapat memiliki daya saing sebagai produk yang unggul dan memiliki daya saing secara kualitas maupun kemasan

Mengusung konsep heritage, didalam TINS Gallery terdapat fasilitas gallery UMKM, boutique resto, edukasi dan entertainment, menjadi icon menarik bagi para wisatawan yang berkunjung.

Kehadiran TINS Gallery, merupakan komitmen PT Timah untuk mendukung industri UMKM di Bangka Belitung sebagai penunjang pariwisata daerah. Bermula dari wisma tamu dan karyawan, pada tahun 2018 lalu, bangunan heritage ini mulai direnovasi untuk dikembalikan nilai heritage-nya, bersama budayawan Babel, Akhmad Elvian.


Belanja UMKM Lebih Mudah,
Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) Babel, Elfiyena, mendukung apa yang dilakukan PT. Timah, untuk memajukan produk UMKM Babel.

Diakuinya, TINS Gallery ini menjadi galery UMKM di Kota Pangkalpinang, karena pemerintah kata dia, memang belum menyediakan galery untuk produk UMKM yang berada di pusat kota.

"PT Timah telah ikut berpartisipasi dan mendukung mempromosikan produk UMKM Babel, karena kita nggak ada galery yang khusus, kalau Timah sudah bisa, ini terobosan baru dalam memasarkan produk UMKM, " ulasnya.

Di Gallery ini, kata Elfie, produk-produk UMKM bisa dipasarkan dan UMKM juga bisa naik kelas, karena selain kemasannya yang harus menarik ini juga memacu mitra binaan untuk berinovasi meningkatkan kualitas produk.

"Kita bisa lihat, produk UMKM Babel bisa bersaing dan naik kelas ketika dipasarkan di TINS Gallery, ini juga memudahkan wisatawan untuk mendapatkan produk UMKM yang berkualitas, " ujarnya.

Ia berharap, terobosan PT. Timah ini menjadi contoh bagi  BUMN lain, BUMD dan pihak swasta lainnya, dalam mendorong peningkatan produk UMKM Babel.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020