Generasi Pemuda Peduli Lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperingati Hari Bersih-Bersih se-Dunia dengan membersihkan kawasan Pantai Pasirkuning di Kecamatan Tempilang, Kabupaten Bangka Barat. 

Dalam aksinya, komunitas pemuda itu mengajak Generasi Hijau Babel, Duta Pepelingsih, Bujang Dayang Bangka Barat, dan pemuda setempat untuk memungut dan memilah sampah yang ada di sepanjang pesisir pantai.

"Kami memilih Pantai Pasirkuning Tempilang sebagai lokasi aksi karena lokasi itu merupakan salah satu kawasan objek wisata andalan yang ada di Kabupaten Bangka Barat dan Babel," kata pendiri Generasi Pemuda Peduli Lingkungan Orie Fachridho Hermawan di Mentok, Minggu.

Aksi bersih pantai itu, menurut dia, merupakan bagian dari upaya menumbuhkan kesadaran warga untuk menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistemnya.

"Kami ingin kampanye ini bisa menyadarkan masyarakat untuk ikut dan membudayakan memilah jenis sampah yang benar sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap kelestarian lingkungan," katanya.

"Saya berharap dengan adanya aksi ini wisatawan yang berkunjung juga ikut berperan menjaga kebersihan lingkungan demi kenyamanan bersama," ia menambahkan.

Duta Generasi Hijau Provinsi Babel Arnanda Putri berharap para pemuda lebih banyak berperan dalam upaya pelestarian lingkungan.

"Semoga gerakan-gerakan yang terlihat sederhana ini tetap bisa dilakukan dan semakin berkembang karena dampak yang ada sangatlah diperlukan untuk menjaga lingkungan kita tetap lestari dan bisa dengan bangga diwariskan ke generasi berikutnya," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020