Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memberi pelatihan manajemen kepada 40 pengelola atau pemilik usaha rumah penginapan guna meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam mendukung sumber daya kepariwisataan daerah.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Asep Setiawan di Sungailiat, Selasa mengatakan 40 orang yang dilatih manajemen tersebut merupakan pemilik ataupengelola rumah penginapan dengan harapan memiliki kemampuan daya saing dalam mendukung sektor pariwisata.

"Peserta akan diajak langsung ke sejumlah homestay yang sudah berjalan di Kota Pangkalpinang untuk melihat atau belajar langsung dalam manajemen pengelolaan," ujarnya.

Dia mengatakan, tercatat terdapat 40 rumah penginapan di daerahnya yang dibangun permanen, baik berupa rumah warga maupun berupa penginapan.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Bangka Rahmad Gunawan berharap pelaku usaha rumah penginapan dapat menjadi agen pariwisata, dimana sektor kepariwisataan tengah dikembangkan, baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

"Kepariwisataan menjadi salah satu sektor yang terus dikembangkan oleh pemerintah daerah sebagai sektor yang ke depannya diharapkan mampu membantu meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya.

Dia optimistis sektor pariwisata di Kabupaten Bangka akan tumbuh berkembang dengan baik karena menjadi salah satu daerah tujuan wisata.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020