Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak peternak di daerah itu untuk menjaga kebersihan kandang guna mengantisipasi serangan penyakit hewan ketika peralihan musim.

"Karena kondisi musim pancaroba atau cuaca ekstrem sekarang ini kelembaban cuaca cukup tinggi," kata Kepala Bidang Peternakan DKPP Belitung, Suparman di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, menjaga kebersihan hewan ternak penting dilakukan terutama bagi peternak unggas seperti ayam petelur, pedaging dan bebek sehingga mengantisipasi serangan kuman atau bakteri.

"Karena dalam kondisi lembab bakteri atau kuman cepat berkembang biak," ujarnya.

Suparman menambahkan, selain itu bagi hewan unggas seperti ayam yang masih berumur dibawah dua minggu diharapkan untuk dipasangkan tirai penutup di kandanganya agar terhindar kontak langsung dengan air dan cuaca dingin.

"Selain itu diharapkan peternak dapat memberikan banyak vitamin guna mengantisipasi serangan penyakit," katanya.

Sementara itu, dokter hewan di Puskeswan Tanjung Pandan, drh. Liza Aprianti mengimbau peternak juga untuk menghindari terjadinya genangan air di sekitar kandang.

"Jadi lingkungan kandang dijaga jangan sampai lembab sirkulasi udara juga harus baik dan jangan sampai terlalu basah dan air menggenang," ujarnya.

Selain itu, kata dia, antisipasi serangan penyakit hewan juga dapat dilakukan dengan vaksinasi dan pemberian asupan vitamin.

"Vitamin untuk menjaga daya tahan kemudian bisa juga membatasi keluar masuk orang di kandang dan penyemprotan disinfektan," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020