Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam mengawal tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

"Peran aktif masyarakat tentu saja sangat penting dalam mengawal tahapan Pilkada 2020 agar berjalan aman, damai, jujur dan adil," kata Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto di Koba, Minggu.

Pihaknya menggencarkan sosialisasi program forum warga dengan bertatap muka langsung dengan warga dari semua kalangan dan mengajak mereka sama-sama mengawal Pilkada 2020.

"Dalam kegiatan forum warga itu kami juga mengingatkan warga untuk tidak tergiur dengan politik uang dan membantu pengawas mengawal jalannya pesta demokrasi yang sesuai dengan aturan," ujarnya.

Menurut Robianto, forum warga merupakan kegiatan yang sangat efektif menumbuhkan kesadaran warga berdemokrasi.

"Mereka sadar bahwa demokrasi ada ditangan rakyat, maka tetap menggunakan hak suaranya dan bertanggung jawab terhadap jalannya pesta demokrasi," ujarnya.

Robianto mengajak warga untuk memerangi praktik politik uang dalam pesta demokrasi Pilkada 2020.

"Juga kami mengimbau bagi warga yang belum masuk dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap), tetap bisa menggunakan hak suaranya hanya dengan menunjukkan KTP di TPS (Tempat Pemungutan Suara) terdekat," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020