Pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung periode 2020-2023 siap menjadi pelayan generasi muda di daerah itu.

Hal ini dikatakan Ketua KNPI Kabupaten Bangka Barat, Riandi usai kegiatan pelantikan dan pengukuhan pengurus tingkat kabupaten oleh DPD KNPI Provinsi Babel yang berlangsung di Pesanggrahan Menumbing, Mentok.

Pelantikan pengurus KNPI Bangka Barat di bangunan bersejarah tersebut berlangsung khidmat dan membangun semangat para pemuda untuk tumbuh dan berkembang bersama nilai-nilai sejarah yang terkandung dalam bangunan tersebut.

"Pemuda Bangka Barat kembali menggoreskan tinta sejarah kepemudaan di daerah ini, mudah-mudahan momentum ini menjadi semangat baru dan langkah awal membangunkan semamgat kepemudaan yang sudah vakum selama beberapa tahun," katanya.

Pada kesempatan itu, dia menyampaikan dua hal penting yang akan dilakukan oleh para pengurus, yaitu pertama membangun generasi pemuda yang menghargai sejarah bangsa.

Menurut dia, arus kesejagatan membawa dampak bagi kaum muda sehingga pemahaman nilai sejarah panjang bangsa ini merupakan hal penting agar pemuda bisa menjadi pribadi yang luhur dan selalu berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara.

"Pemuda jangan meninggalkan sejarah, Pesanggrahan Menumbing merupakan tempat pengasingan para pendiri negeri. Bersama semangat mereka mari tunjukan pada dunia bahwa kita adalah bangsa yang besar," kata Riandi.

Yang ke-dua, para pengurus KNPI Bangka Barat periode 2020-2023 dituntut mampu menjadi pelayan yang baik agar mampu menjadi perpanjangan tangan para pemuda di daerah itu.

Permasalahan yang menyangkut pemuda di daerah cukup kompleks, mulai dari kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba, konsumsi minuman beralkohol dan pelanggaran hukum lain.

"Kondisi ini tidak bisa dibiarkan, pemuda memiliki masa depan panjang dan KNPI harus hadir menjadi rumah bagi pemuda di Bangka Barat," katanya.

Dengan peran besar tersebut, KNPI Bangka Barat akan menjadi mitra strategis pemerintah dalam merealisasikan berbagai rencana pembangunan di daerah itu.

Pelantikan pengurus dihadiri Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama didampingi Wabendum DPP KNPI Arief Sebayang, Ketua KNPI Babel, Majelis Pemuda Indonesia, Asisten I Setda Kabupaten Bangka Barat, unsur Muspida Kabupaten Bangka Barat, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Bangka Barat, sejumlah ketua OKP, dan para ketua DPD KNPI se-Babel.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020