Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membantu promosi objek wisata lintas alam Bukit Menumbing untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Promosi dengan materi dalam foto dan video kami sebarkan melalui berbagai media sosial. Kami harapkan sumbangsih ini bisa memberi manfaat positif bagi masyarakat," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah di Mentok, Minggu.

Menurut dia, kegiatan lintas alam dengan menelusuri hutan di Bukit Menumbing, baik dari rute kaki bukit menuju puncak maupun sebaliknya, cukup menantang dan cocok untuk olahraga petualangan.

"Kami sudah buktikan bersama sejumlah perwira dan anggota Polres Bangka Barat dengan rute dari puncak bukit menuju pos satu," katanya.

Bukit Menumbing merupakan objek wisata sejarah, kastil bangunan Belanda yang berada di puncak bukit itu merupakan lokasi pengasingan Proklamator RI dan sejumlah pejuang Kemerdekaan yang diasingkan kolonial pada 1948-1949.

Bukit hutan konservasi itu kaya flora dan fauna, dan sampai saat ini masih terjaga kelestariannya sehingga cocok untuk dimanfaatkan sebagai lokasi wisata lintas alam.

"Kami berharap promosi yang dilakukan bisa membantu meningkatkan kunjungan wisatawan dan membangkitkan kembali perekonomian warga," katanya.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat bambang Haryo Suseno memberikan apresiasi kepada Polres Bangka Barat yang selama ini membantu pariwisata daerah, baik melalui kegiatan di objek wisata maupun promosi.

"Beberapa waktu lalu Polres juga sudah membantu promosi objek wisata Pantai Jerangkat dan beberapa pulau di sekitar pantai itu dan hasilnya cukup menggembirakan karena jumlah kunjungan wisata meningkat," katanya.

Ia berharap kerja sama dengan instansi lain akan terus terjalin dengan baik dan bisa bersama-sama membangkitkan perekonomian sektor wisata dan ekonomi kreatif di daerah itu.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020